Dokumenter LPM Tanpa Titik

Sabtu, 20 Maret 2021 DEMA IBN melaksanakan Pemilihan Mahasiswa (PEMILWA). Hal ini merupakan tindak lanjut dari dikeluarkannya SK dari UKM dan HMPS. PEMILWA tersebut dilaksanakan guna untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa IBN. Acara diikuti oleh perwakilan HMPS, perwakilan masing-masing kelas dengan mengirimkan 2 (dua) anggota, kemudian perwakilan dari per-UKM. Acara bertempat di Aula IBN Tegal pukul 13.00 WIB – Selesai.

Rektor IBN Tegal memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa agenda ini tidak dinamakan PEMILWA, namun sebenarnya adalah MUSMA. Hal ini dapat menjadi sebuah evaluasi maupun bahan perbaikan untuk ke depannya.  

Dokumenter LPM Tanpa Titik


Adapun untuk kandidat calon Presiden Mahasiswa dan Wakilnya terdiri dari dua calon pasang, yaitu nomor urut 1 Ahmad Tezar dan Wakilnya Ani Kovivah dari Fakultas Syariah dan nomor urut 2 Nicky Meida dan wakilnya Dewi Mustika Asih dari Fakultas Tarbiyah.

Pemilihan tersebut diawali dengan adanya pertanyaan-pertanyaan dari perwakilan mahasiswa yang datang, dalam hal itu dibuka dua season pertanyaan dengan 3 penanya. Perwakilan mahasiswa berantusias dalam mengikuti pemilihan tersebut. Setelah season pertanyaan selesai, maka dilanjutkan dengan debat antar calon pasangan dengan mengajukan pertanyaan satu sama lain.

“Syarat untuk mengajukan PRESMA yaitu sertifikat LKM, akan tetapi mengingat yang mengikuti LKM kebanyakan adalah mahasiswa semester 4, maka kita mengambil dari mahasiswa yang pernah aktif di UKM atau lainnya. Kemudian ada IP terakhir yaitu minimal 3,00 untuk menunjang nilai akademisi. Untuk keuangan sendiri, kami pada awalnya ada halangan, karena dari WAREK II menyatakan anggaran untuk DEMA sudah tidak ada, sebab pada saat ini DEMA juga cenderung pasif. Akan tetapi, mungkin karena mengingat pemilihan PRESMA ini penting akhirnya kami diberikan dana untuk melaksanakan itu. Nah, kalau masalah bagaimana membangkitkan kembali DEMA yang sudah lama vakum itu merupakan tugas dari DEMA periode baru.” Ujar Ikmil selaku Ketua Panitia.

Pemilihan dilaksanakan secara voting dari perwakilan mahasiswa yang datang. Hingga diperoleh keputusan atas dasar suara terbanyak yaitu Ahmad Tezar dan wakilnya Ani Khovivah sebagai Presiden Mahasiswa dan wakil yang terpilih. Adapun voting yang diperoleh adalah 36 suara untuk calon pasangan nomor urut 1 dan 14 suara untuk calon pasangan nomor urut 2 dan 1 suara rusak.

“Mungkin hal yang utama adalah membentuk struktural, kemudian melaksankan konsolidasi antara UKM, HMPS, maupun mahasiswa lain. Kemudian kami akan membentuk program kerja yang akan dilaksanakan. Harapan untuk ke depannya DEMA periode ini lebih baik daripada periode sebelumnya.” Sambung Tezar. Presiden Mahasiswa terpilih.

Dokumenter LPM Tanpa Titik


Reporter : Salisa, Syifa

Penulis : Syifa