September End 2022 : dari PBAK sampai Dies Natalis 

Dokumentasi Panitia Pelaksana

September dalam skala nasional maupun lokal mempunyai cirinya masing-masing. Bahkan dalam dunia musik atau perfilman juga memiliki karakteristik yang khas atau idiosinkrasi yang berbeda dari yang lain. Bulan yang dalam urutan tahun masehi ada diurutan ke sembilan ini merekam atau melahirkan beberapa insiden, fenomena, ide dan seterusnya.

Dalam dunia musik sebut saja Wake Me Up When September Ends yang masuk dalam album American Idiot (2004) milik grup band pop punk Green Day, lagu yang mengisahkan kepergian sang ayah di bulan September, sosok yang berharga bagi vokalis band tersebut yakni Billie Joe Armstrong. 

Fahrenheit (9/11) merupakan salah satu film dengan genre dokumenter. Mengisahkan fenomena yang terjadi di Amerika. Persisnya pada 11 September 2001. Dimana empat penerbangan komersial diambil alih oleh teroris yang kemudian ditabrakkan ke beberapa tempat penting, diantaranya gedung World Trade Center (WTC).

Dalam skala nasional, masyarakat Indonesia akan selalu diingatkan dengan peristiwa Gerakan 30 September atau G30S. Dalam literatur zaman orde baru penulisannya akan menjadi G30S/PKI. Orang-orang terpelajar biasanya juga mengadopsi peristiwa tersebut menjadi tema diskusi-diskusi, seperti siapa dalang dibalik peristiwa tersebut ? Adakah peran orang asing seperti CIA dalam kejadian itu? Dan seterusnya. Korban dalam insiden tersebut konon mencapai setengah juta korban jiwa.

September 2022 yang akan berakhir ini juga merekam beberapa fenomena yang ada di ruang lingkup kampus IBN Tegal. Hal semacam ini menurut penulis dirasa perlu, mengingat September merupakan momen dimulainya semester baru dan digelarnya beberapa rangkaian acara besar kampus ada di bulan September ini.

Pengenalan Budaya Akademik Mahasiswa (PBAK) 2022

Merujuk keputusan Direktur Jenderal (Dirjen), PBAK di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) merupakan langkah awal bagi mahasiswa baru untuk mengenal sejarah kampus, jenis-jenis kegiatan akademik, sistem kurikulum, model pembelajaran, dan lain-lainnya. Selain itu, diharapkan PBAK bisa menjadi wahana awal antar sesama mahasiswa baru untuk saling mengenal, menjalin komunikasi dan mempererat silaturahmi, disamping fungsi utamanya sebagai orientasi penyadaran mahasiswa sebagai insan akademik yang memiliki tanggungjawab sosial dan akademik sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

PBAK 2022 dimulai pada 6 September. Agenda PBAK sesuai dengan kalender akademik kampus. Acara berlangsung empat hari dengan menginap satu malam di hari terakhir. Well, agenda dengan rundown acara sampai empat hari bisa dibilang agenda panjang. Yang tidak menutup kemungkinan adanya drama di dalamnya. Pada kesempatan ini, penulis akan mengulik poin-poin tersebut berdasarkan empirisme atau informasi dari berbagai sumber. 

Pertama, politik praktis. Praktek ini nampak ketika ada pemateri PBAK yang menggunakan jas almamater ormawa tertentu. Ditambah ketika atribut yang identik dengan ormawa tersebut dimasukan kedalam materi. Lebih jauh lagi ketika beberapa gelintir orang dari ormawa tersebut ikut masuk ke ruangan. 

Dalam semiotika tanda atau simbol mampu mempengaruhi emosional seseorang agar melakukan sebuah pilihan, tindakan, atau sikap. Artinya walaupun hal tersebut dianggap sangat sederhana tapi dapat menjadi media politik yang menjanjikan.

Tindakan demikian sudah cukup membuktikan bahwa ORMAWA tersebut melakukan politik praktis yang ilegal. Sebagaimana disebutkan dalam pasal 3 ayat 4 Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nomor 55 Tahun 2018 "Organisasi kemahasiswaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak melakukan kegiatan politik praktis di perguruan tinggi." 

Dilansir dari Pola Pengembangan Kemahasiswaan (POLBANGMAWA) yang dicetak oleh Dikti di tahun 2006, politik praktis adalah kegiatan dalam kampus atau mengatasnamakan kampus yang bertujuan untuk mendukung partai politik atau organisasi ekstra perguruan tinggi. Dikutip dari laman Mengenal Apa Itu Politik Praktis, politik praktis adalah sebuah dunia ketika segala i'tikad, motif, kepentingan, dan ambisi hadir bersamaan dan saling berhimpit untuk memperebutkan kekuasaan. Secara tersurat, maksud dari yang diperebutkan adalah al-jaah (jabatan), kedudukan atau posisi. Namun makna secara tersirat, yang diperebutkan sesungguhnya adalah kekuasaan dan wewenang untuk membuat keputusan-keputusan publik.

Namun, adakah dari pihak kepanitiaan yang merespon itu? Bagaimana reaksi dari pihak yang bertanggung jawab? Sampai detik ini belum ada kabar berupa teguran apalagi yang bersifat punishment.

Harapan untuk kedepannya agar ada tindakan tegas dari pihak yang bertanggung jawab. Jika bersikap apatis dengan kejadian tersebut diteruskan, maka potensi hal hal diluar dugaan pun bukan sesuatu yang mustahil.

Kedua, melanggar kesepakatan ormawa. Seperti dilansir dalam Panitia PBAK Pastikan Tidak Ada PMII di UKM Expo, panitia PBAK yang terdiri dari anggota Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) telah memutuskan pembagian waktu untuk mencari kader antara OMIK dan OMEK. Namun, melihat akun Instagram milik DEMA IBN Tegal pada hari sebelum ditentukannya pengkaderan sudah merepost atau membuat story dari OMEK yang bersifat ajakan atau pengkaderan. Setelah penulis lihat bio dari akun tersebut masih tertulis bio lama atau kepengurusan DEMA lama. Jadi tidak menutup kemungkinan admin yang melakukannya juga dari kepengurusan DEMA lama. Ditambah story instagram tersebut tidak berlangsung lama. Yang kemudian disusul bio instagram menjadi kepengurusan yang sekarang.

Yang jelas praktek demikian melanggar kesepakatan ORMAWA. Dan lagi-lagi melakukan tindakan yang ilegal. Terlebih jika ada manuver-manuver lain (yang melanggar kesepakatan) setelah kejadian itu terjadi. Hal yang disayangkan dari pihak yang bertanggung jawab tidak menindaklanjuti lebih jauh. 

Perkuliahan Perdana

Perkuliahan perdana tahun akademik 2022/2023 dilaksanakan pada 10 September 2022, berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut diantaranya adalah dalam segi tempat. Tahun sebelumnya kuliah perdana dilakukan di outdoor. Pilihan tersebut sudah bagus karena menghindari terik panas matahari demi kenyamanan bersama. Ditambah adanya pendingin ruangan tambahan. Yang membuat ruangan menjadi lebih baik dibanding kemarin waktu PBAK.

Sedangkan untuk mengindahkan harapan rektor seperti yang dikabarkan dari IBN Tegal Gelar Kuliah Perdana Tahun Akademik 2022/2023, bahwa kuliah perdana agar diikuti oleh seluruh mahasiswa, maka pilihan tempat terbaik dengan melihat lokasi IBN Tegal adalah di halaman terbuka, dan baiknya agar ditambah kuliah umum. Agar lebih menyeluruh.

Dies Natalis

Secara bahasa Dies artinya hari (day), sedangkan natalis dalam bahasa latin artinya kelahiran (birth). Atau bisa kita artikan sebagai hari lahir, atau hari ulang tahun sebuah lembaga. Sudah menjadi common sense bagi setiap orang apalagi orang terpelajar dengan segala relasi dan media untuk perbendaharaan pengetahuannya terkait keumuman agenda atau konsep acara dies natalis. 

Mengacu kalender akademik tahun 2022/2023 dies natalis IBN Tegal jatuh pada 16 September 2022. Kepanitiaannya mengambil konsep acara tasyakuran. Acaranya berlangsung sebagaimana tasyakuran tasyakuran pada umumnya. Yang hadir pun sama, masyarakat IBN Tegal dan berlangsung satu malam. Tidak ada acara puncak seperti di kampus kampus lain, karena memang konsepnya tasyakuran.

Bagi mahasiswa-mahasiswa yang punya ekspektasi lebih dalam acara dies natalis IBN Tegal baiknya melakukan komunikasi. Atau semacam sharing saran ke warek II selaku yang bertanggung jawab dalam dies natalis. Utarakan konsep dan harapannya. Agar keinginan mahasiswa IBN Tegal mempunyai dies natalis yang wuow terealisasi.

Sebagai informasi, dari catatan diatas belum semua kejadian di bulan September ini tertulis karena mempertimbangkan beberapa hal, alhasil September tahun ini akan segera berakhir. September end.


Penulis: Lutful H