IBN Gelar Peningkatan Kapasitas Dosen

Dokumentasi LPM Tanpa Titik



Jumat 5 Agustus 2022, Wakil rektor I IBN Tegal bagian civitas akademik mengadakan program PKD (peningkatan kapasitas dosen) dengan tema "Peningkatan Kualitas Akademik Dosen IBN Tegal Bidang Pengabdian Berbasis Riset" yang bertempat di aula lantai 2 IBN Tegal. 

Acara ini menghadirkan Dr. Suwendi, M. Ag dari direktorat penelitian pendidikan Islam kementerian agama selaku koordinator subdit penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

Menurut panitia pelaksana, program ini merupakan program tahunan. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang lebih konsen ke bidang bahasa. Tahun ini panitia pelaksana lebih memprioritaskan pada bidang riset, dengan alasan dalam aspek penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset di IBN masih perlu ditingkatkan.

"Program ini bentuknya berbeda-beda setiap tahunnya. Bisa secara aktif, bisa secara pasif. Secara aktif kita bisa mengundang seperti mengadakan acara sendiri di kampus, Grand Dian (hotel) atau di Guci. Secara pasif bisa menghadiri kegiatan-kegiatan di luar kampus yang mengadakan workshop atau pelatihan yang sama. Semuanya untuk peningkatan kapasitas dosen. Agar nanti mahasiswanya ikut berkapasitas." tutur Saepudin M.A.

Dokumentasi LPM Tanpa Titik


Acara yang diagendakan pukul 13.00 WIB ini pesertanya adalah dosen IBN yang mempunyai NIDN (nomer induk dosen nasional), NIDK (nomer induk dosen khusus) seperti yang sudah berusia 65 tahun namun masih dibutuhkan, NUP (nomer unit pengajar) seperti dosen yang tidak tetap. 

Menurut Dr. Suwendi, M. Ag Ikhtiar dosen IBN untuk produktif di bidang penelitian juga karya publikasi sudah terlihat, tidak hanya dari antusias dosen-dosen yang hadir. Tapi juga dibuktikan dari upaya melakukan pengusulan-pengusulan dan berkompetisi untuk meraih pendanaan-pendanaan di kementerian agama pada bidang penelitiannya itu.

Beliau selaku dari pemerintah dan kementerian agama yang menjadi bagian penting kemitraannya dengan IBN Tegal berharap kampus IBN Tegal menjadi kampus hebat, dan unggul luar biasa.



Penulis: Lutful Hakim