Semarak Ramadhan, DEMA IBN Adakan Kegiatan LENTERA 

Dokumentasi panitia kegiatan


Senin, 18 April 2022 Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IBN Tegal mengadakan acara LENTERA (Let's change our Ramadhan) yang bertempat di Aula IBN Tegal. Acara tersebut dihadiri oleh para anggota DEMA, Rektor IBN, serta perwakilan UKM dan ORMAWA IBN Tegal. 

Fajar, sebagai ketua panitia mengatakan mereka mengambil tema LENTERA itu karena yang pertama, Lentera merupakan simbol yang identik sekali dengan Bulan Ramadhan. Kedua, Lentera juga diartikan sebagai pemersatu atau persatuan. 

"Dalam hal ini, kami mengaplikasikan Lentera sebagai pemersatu antara ORMAWA kampus dengan civitas akademik. Maka dari itu kami melibatkan ORMAWA tentunya dengan tujuan menghidupkan kolaborasi yang memang itu merupakan visi misi dari DEMA sendiri." Tuturnya. 

Adapun rangkaian acaranya yaitu, pembagian 500 takjil, khataman Al-qur'an, pembukaan acara formal, kultum, bukber, tarawih bersama, pentas UKM, ORMAWA Awards, Makrab (Malam Keakraban), dan ditutup dengan saur on the road. 

Kegiatan diawali dengan pembagian takjil pada pukul 15.00 WIB. Gerakan 500 takjil merupakan gerakan bakti sosial yang dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh unsur ORMAWA IBN Tegal. Dalam kegiatan ini, sumber dana didapatkan yaitu dari open donasi yang dilakukan sebagai bentuk ajakan untuk berbagi di bulan ramadhan ini. 

Dokumentasi panitia kegiatan


Penyaluran takjil dibagi di beberapa titik lokasi, diantaranya:

1. Panti Asuhan Al- Ishlah Hidayatullah,  Dampyak, Kec. Kramat

2. Panti Asuhan Manunggal, Slawi

3. Masjid Agung Slawi

4. Masjid Alun-alun Hanggawana

5. Sepanjang jalan alun-alun Hanggawana Slawi dan pedesaan Grobog wetan.

Kemudian dilanjutkan dengan pra acara berupa penampilan hadroh dari UKM Junuudul Musthofa, dan khataman Al-Qur'an yang dipimpin oleh Fachruddin Jufri dan disambung dengan pembukaan acara secara formal oleh rektor IBN Tegal pada pukul 17.00 WIB. 

Acara selanjutnya yaitu berbuka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah, lalu dilanjutkan dengan teraweh berjamaah. Setelah itu, acara selanjutnya adalah penampilan pentas dari setiap UKM dan ORMAWA Awards, yaitu  pengumuman nominasi-nominasi terkait UKM teraktif, terfavorit, terkompak, medsos teraktif, UKM dengan kegiatan ter-wow , dan HMPS teraktif. Hasil pengumuman tersebut diantaranya;

1. UKM teraktif, LPM Tanpa Titik

2. UKM terfavorit, Teater Cebong

3. UKM terkompak, STAPALA

4. UKM medsos teraktif, LPM Tanpa Titik

5. UKM kegiatan ter-wow, Junuudul Musthofa

6. HMPS teraktif, PAI

Setelah pembacaan nominasi awards diatas, acara dilanjutkan dengan Makrab (malam keakraban). Disini ketua dari masing-masing UKM mewakili UKM nya dan sharing tentang keluhannya terkait kebijakan-kebijakan kampus dan lain-lain, khususnya dalam hal yang menjuru ke anggaran untuk acara yang telah diprogramkan oleh masing-masing UKM. Hal ini bertujuan untuk nantinya bisa disampaikan ke pimpinan agar bisa ditindaklanjuti terkait dengan permasalahan-permasalahan tersebut.

Acara Lentera ini lalu ditutup dengan saur on the road. Sahur on the road dilakukan dengan membagikan nasi ke beberapa pengguna jalan seperti tukang becak, dan juga pedagang yang ada disekitar lingkungan Kampus.

Ketua panitia menuturkan, ada beberapa kendala sejak awal acara ini dibentuk sampai dengan pelaksanaannya. Diantara kendala tersebut yaitu; susahnya mengumpulkan anggota kepengurusan yang akan masuk ke panitiaan, acara dilaksanakan bersamaan dengan UTS online sehingga ada kendala dalam penyampaian surat undangan kepada komting, UKM, dan dosen, transportasi untuk mendistribusikan takjil terjebak hujan sehingga pendistribusian takjil sempat terhambat, mulurnya acara karena beberapa UKM yang melakukan pentas seni tidak sesuai dengan waktu yang diestimasikan oleh panitia, dan juga dosen yang menjadi penengah dalam kegiatan Makrab tidk bisa hadir. Namun demikian, terlepas dari semua kendala tersebut, acara Lentera ini dapat dberjalan dengan lancar.  




Penulis : Tim Redaksi