Rayakan Anniversary ke-6, UKM STAPALA Gelar Santunan Anak Yatim

Dokumentasi Panitia Pelaksana


Selasa, 26 April 2022 STAIBN Pecinta Alam (STAPALA) mengadakan hari Anniversary nya yang ke 6 tahun yang bertempat di Aula IBN Tegal. Berhubung bertepatan pada bulan suci Ramadhan, acara ini pun dilakukan dengan kegiatan santunan anak yatim dengan alasan agar dapat saling berbagi antar sesama.

Acara tersebut dihadiri oleh UKM Pecinta alam dari wilayah Tegal dan sekitarnya, dosen, pembina UKM STAPALA, serta perwakilan dari UKM di IBN Tegal.

Diusianya yang ke-6 tahun ini, STAPALA mengambil tema issu lingkungan, yaitu Memikirkan Bumi, Membumikan Pikiran. Pergerakan STAPALA ini, mengacu pada kode etik pecinta alam dan tri darma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. 

"Salah satu wujud dari pengabdian pada masyarakat adalah pengelolaan limbah sampah yang kemudian diwujudkan dalam lomba kreasi daur ulang sampah. Lalu pengabdian masyarakat berikutnya yaitu layanan kesehatan masyarakat dan santunan anak yatim." Tutur Yayianti Yupitania, sebagai ketua umum UKM STAPALA.

Kemudian Ahmad Fachrudin, sebagai ketua panitia juga mengatakan mereka mengambil tema tersebut karena kebetulan acara bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional.

“Karena kebetulan hari anniversary STAPALA itu bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), maka dari itu kami dari pecinta alam mengambil tema tersebut dengan tujuan agar masyarakat melek sampah (istilah Jawa). Bahwa sampah itu bukan hal yang remeh, apalagi sampah itu jadi problem kita bersama. Maka dengan adanya kita mengangkat tema tersebut, harapannya masyarakat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan terutama mengenai pembuangan sampah sembarangan.” Tuturnya.

Adapun rangkaian acaranya yaitu, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, hadroh, kultum, sambutan-sambutan, buka puasa bersama, sholat maghrib bersama, santunan anak yatim, makan bersama, pembagian hadiah lomba dan prestasi, serta hiburan.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh perwakilan dari UKM Junudul Musthofa pada pukul 15.45 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pra acara berupa penampilan Hadroh dari UKM Junudul Musthofa, dan Kultum oleh Zaki Mubarok, sebagai dosen undangan, sambutan AlB (alumni), sambutan ketua umum, dan sambutan ketua panitia. 

Acara selanjutnya yaitu berbuka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah. Setelah itu, acara selanjutnya adalah santunan anak yatim. Kemudian dilanjutkan dengan simbolik pemotongan kue dan tumpeng.

Dalam kegiatan ini, sumber dana didapatkan dari kampus, dan dari sponshorship.

“Untuk anggaran dana alhamdulillah sudah dapat dari kampus, kemudian kita juga menggandeng teman-teman dari sponshorship, ada yang dari toko bangunan seperti toko Toyan Jaya Mandiri, Adimitra, ada juga dari PT. Gunung Slamet dan Geprek Sa’i.” Ujar ketua panitia.

Setelah santunan anak yatim, acara dilanjutkan dengan makan bersama dan pembagian hadiah lomba. Adapun pemenang lomba yaitu; juara 1 BHAPALA (Universitas Bhahmada Slawi), juara 2 MITAPASA (IAIN Salatiga), dan juara 3 MAPAKTI (Universitas Pancasakti Tegal).

Ketua panitia menuturkan ada beberapa kendala sejak awal acara ini dibentuk. Diantara kendala tersebut yaitu; kegiatannya tidak bisa maksimal karena terkendalanya puasa dan traweh. Namun demikian, terlepas dari semua kendala tersebut acara anniversary ini dapat berjalan lancar.

Ketua panitia pun berharap untuk anniversary stapala yang ke 6 tahun ini, stapala makin bisa bertambah maju bahkan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Seperti yang teman-teman doakan, bisa bertambah maju bahkan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dan bisa menjadi contoh bagi yang lain.” pungkasnya.

Harapan lain juga diungkapkan dari Aqila, salah satu peserta yang berasal dari PALAMUS (Universitas Muhadi Setiabudi Brebes). 

"Semoga STAPALA lebih maju lagi, menjadi UKM yang lebih baik lagi, semoga ke depannya bisa menjadi UKM yang bisa membanggakan bagi kampus." Tuturnya.

Dokumentasi Panitia Pelaksana

Acara anniversary ini, lalu ditutup dengan sesi foto bersama. Namun, rangkaian anniversary STAPALA masih berlanjut sampai nanti bulan Mei, berupa akan diadakannya open trip naik gunung Slamet. Hal tersebut dilakukan sebagai wadah untuk mengembangkan potensi pariwisata di wilayah Kabupaten Tegal.





Penulis : Dian Rahma

Editor : Rosiana