IBN Jadi Tempat Singgah Vaksinasi 

Dokumentasi LPM Tanpa Titik

Kamis, 30 September 2021 DPD KNPI Kabupaten Tegal dan KSR PMI Universitas Pancasakti Tegal mengadakan vaksinasi dalam rangka memperingati hari Palang Merah Indonesia dengan mengusut tema "Bergerak Bersama untuk Sesama". Kegiatan tersebut bertempat di Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal yang dihadiri oleh panitia penyelenggara, serta para peserta vaksinasi yang sebagian besar adalah masyarakat umum dan juga mahasiswa. Vaksinasi bertujuan untuk menyukseskan program pemerintah perihal penyebaran vaksinasi yang belum terlaksana secara merata terhadap masyarakat. Tim penyelenggara berinisiatif mengadakan vaksinasi di Kabupaten Tegal karena berdasarkan data yang ada, warga Kabupaten Tegal baru sedikit yang melaksanakan vaksin.

Untuk prosedural vaksin dilakukan sama seperti pada umumnya. Yaitu pendaftaran, tensi darah, skrining, vaksinasi, observasi, dan pemberian kartu vaksin. Syarat untuk dapat mengikuti vaksinasi adalah harus usia 18 tahun keatas dengan imun yang kuat dan tidak memiliki penyakit bawaan yang dapat membahayakan tubuh setelah divaksin.

"Harapannya, para warga yang belum vaksin bisa vaksin. Bareng-bareng kita menyukseskan program vaksinasi dari pemerintah." Ucap Siti, selaku komandan KSR PMI UPS Tegal.

Program vaksinasi tersebut ditujukan untuk kalangan masyarakat umum di Kabupaten Tegal yang berusia 18 tahun keatas. Awalnya vaksinasi bertempat di Gedung Yaumi, tetapi karena terkendala sesuatu akhirnya dipindahkan ke IBN atas rekomendasi dari pengurus KNPI yang beberapa merupakan alumni IBN. Dari pihak KNPI sendiri meminta izin tempat kepada pihak rektorat dan telah disetujui pada hari Rabu kemarin (29/09).

"Terkait desas-desus logo IBN yang tidak tercantum dalam pamflet vaksinasi, saya sudah konfirmasi dengan pihak rektor melalui Pak Kahfi. Memang untuk vaksinasi hari ini hanya perihal tempat saja dan tidak melibatkan pihak IBN." Tutur Tezar, selaku Ketua DEMA IBN.

 

Penulis : Tim Redaksi