HMPS IAT Gelar Acara Gathering and Sharing

Dokumentasi LPM Tanpa Titik


Sabtu, 16 Oktober 2021 Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-quran dan Tafsir (HMPS IAT) mengadakan gathering and sharing dengan mengambil tema "Berjumpa, bertutur sapa. Berkumpul, berbagi rasa" yang bertempat di Danawarih. Acara dihadiri oleh seluruh mahasiswa IAT dari semester 1 hingga semester akhir dengan dipandu oleh Nur Faizzah Kholisoh selaku pembawa acara, dan diketuai oleh Farkhanah Siti Masyiatillah.

Acara dimulai pada pukul 08.00-12.00 WIB yang diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan tilawah Al-qur’an bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan sambutan-sambutan dari ketua panitia serta ketua HMPS IAT. Acara inti dari kegiatan ini yaitu ta'aruf mahasiswa, pengenalan HMPS IAT, pengenalan FKMTHI, Sharing, makan siang, dan Khotmil Quran.

Dalam sambutannya Farkhanah menjelaskan, FKMTHI (Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis se-Indonesia) merupakan sebuah forum atau wadah untuk menjalin komunikasi antar mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir juga Mahasiswa Ilmu Hadis dari kampus-kampus Islam seluruh Indonesia. FKMTHI juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa tafsir hadis, meningkatkan potensi intelektual, dan kesadaran analisis kritis mahasiswa tafsir hadis seluruh Indonesia.

“Kurang lebih sama dengan HMPS, hanya lingkupnya lebih luas. FKMTHI juga ada dibagi per wilayah. Seperti HMPS IAT IBN itu ikut FKMTHI wilayah DIY - JATENG.” Jelasnya.

Pada saat sesi pengenalan FKMTHI, Farkhanah sempat bercerita mengenai pengalamannya. Baginya, Ia ibarat seseorang yang tersesat di jalan yang benar. Hingga ia mampu menemukan ilmu baru serta relasi yang menyenangkan.

Yusuf Muamar Kadafi selaku ketua HMPS IAT mengharapkan program HMPS IAT prioritas utamanya yaitu terletak pada tilawah Qur'an. Misalnya, jika 2 minggu kedepan ia mendapat jatah juz 13, maka minggu selanjutnya ia harus mengambil jatah juz setelahnya yaitu juz 14. Harapannya jika sudah mampu istiqomah, tentu untuk penambah semangat.

Dukumentasi LPM Tanpa Titik


Dalam HMPS IAT, ada kegiatan khataman Al-qur’an setiap dua minggu sekali. Mahasiswa berhak memilih 1 juz mana saja yang diinginkan. Juz yang telah dipilih diselesaikan maksimal 2 pekan dari waktu yang sudah ditentukan. Setelah membaca, disetorkan di WhatsApp Grup HMPS dan dibacakan doa Khotmil Quran oleh perwakilan mahasiswa secara bergilir pada akhir 2 pekan tersebut.

"Tilawah itu harus ada motivasi dari luar, meskipun seseorang bisa dikatakan sudah lama ngaji nya" tutur Yusuf.

Sebagai ketua pelaksana, Farkhanah berharap atas terselenggaranya acara yaitu terbangunnya keakraban, keharmonisan, chemistry, dapat mudah bersinergi demi membangun HMPS IAT lebih baik lagi dan lebih bermanfaat terutama kepada diri sendiri dan banyak umat. Sesuai seperti misi di IAT, salah satunya adalah khidmat lil ummat.

Acara berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya, dan diakhiri dengan doa bersama sekaligus Mahalul Qiyam, serta sesi foto bersama.


Penulis: Faizzah dan Khoirul Azzam