Dokumentasi LPM Tanpa Titik

Rabu, 08 September 2021 Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal melaksanakan upacara pembukaan PBAK (Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan) tahun akademik 2021/2022 yang dipimpin oleh Badrodin selaku rektor IBN Tegal, dan diiringi oleh penampilan tari dari teater cebong. Karena PBAK kali ini mengangkat tema "Seni Menguatkan Karakter Mahasiswa yang Berkarakter Kritis, Berbudaya, dan Berakhlakul Karimah".

Acara ini dihadiri oleh rektor, civitas akademik, dewan dan senat mahasiswa, serta mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022. PBAK dilaksanakan selama tiga hari secara offline dan telah mendapat izin dari rektorat serta satgas setempat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Pembukaan PBAK diisi oleh Rektor dengan menyampaikan pencapaian visi misi dari Institut menuju Universitas.

Lailatuzzahro sebagai ketua pelaksana menyampaikan bahwa tahun ini mahasiswa yang mengambil alih kepanitiaan PBAK, sedangkan dosen hanya sebagai pendamping. Untuk hari pertama PBAK, materi pertama yang disampaikan adalah pengenalan IBN oleh Sunyoto, perwakilan dari civitas akademik. Sedangkan materi kedua oleh Rahman dari Sarpras dan Kemahasiswaan DIKTIS.

Hari kedua, materi pertama yaitu pengenalan masing-masing program studi (prodi) oleh kaprodi, dan materi kedua diisi oleh WAREK. WAREK I Saepudin, membahas tentang akademik, WAREK II Saidin, membahas mengenai keuangan, sedangkan WAREK III Abdul Muslich, menyampaikan tentang Kemahasiswaan.

Pada hari ketiga, pemateri pertama yaitu Hilman, yang mengangkat tema "Berwawasan Global, Bergerak Lokal dalam Semangat dan Gerak Hubbul Wathon Minal Iman", sedangkan pemateri kedua, yaitu Khusnul Aqib selaku penggiat literasi yang mengangkat tema "Tri Darma Perguruan Tinggi sebagai Kecakapan Mahasiswa PTKI di Era Milenial".

Dokumentasi LPM Tanpa Titik

Lalu dilanjutkan pengenalan oleh masing-masing UKM secara singkat kepada mahasiswa baru pada pukul 10.30 - 11.30 WIB. Setelah itu, pukul 13.00 dilanjutkan expo dan pentas seni di halaman kampus. Disisi lain juga diadakan bansos atau Bantuan Sosial dari Mahasiswa Baru kepada masyarakat sekitar dan di luar wilayah IBN dengan bertujuan untuk memperkenalkan IBN kepada warga sekitar.

Badrodin, selaku rektor IBN Tegal menyampaikan bahwasannya, anggaran PBAK sendiri diambil dari anggaran pendapatan dan anggaran belanja Institut Agama Islam Bakti Negara tahun akademik 2021/2022 dengan jumlah sesuai alokasi yang ada.

Sebagai mahasiswa baru, Zidni Ilma beranggapan bahwa acara PBAK ini dapat menambah wawasan dan ilmu bagi para mahasiswa baru. Ia berharap agar nantinya bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu bersama teman-teman  mahasiswa satu angkatannya.

Untuk acara perlombaan dilakukan secara online kecuali lomba yel-yel. Pengumuman pemenang lomba dilakukan saat penutupan PBAK dan diakhiri dengan pengambilan foto kenang-kenangan.

Selamat dan sukses PBAK 2021/2022!!!


Penulis : Tim Redaksi