YUK, TETAP PRODUKTIF DI MASA PANDEMI

pict : rawpixel


 

Siapa yang menyangka pandemi COVID-19 ini masih berlanjut hingga sekarang? Tak dapat dipungkiri, COVID-19 sangatlah merubah banyak hal. Mulai dari hal sederhana yang biasa kita lakukan sehari-hari. Seperti saat ini, kita harus menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Aktivitas yang tadinya bisa kita  lakukan diluar pun sekarang harus dilakukan di rumah.

Dengan kondisi demikian, menuntut kita untuk terus menyesuaikan diri beradaptasi dengan kebiasaan baru yang lebih banyak dilakukan di rumah. Dalam kebiasaan baru ini, tentu kita merasakan perbedaan kebiasaan dengan tempat kita melaksanakan aktivitas sebelumnya, misalnya kerja, kuliah, dan sekolah. Alih-alih melakukan kegiatan produktif, kita malah banyak menghabiskan waktu untuk bersantai dan rebahan. Sebenarnya jika kita mengisi waktu luang dengan hobi atau kegiatan yang disukai, dapat memberikan dampak positif, dan dapat meningkatkan kreativitas, skill serta daya imaginative, lho. Walaupun harus kerja maupun  kuliah dari rumah, kita harus tetap aktif, kreatif, dan produktif. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa membuat kita tetap produktif dimasa pandemi. Beberapa tips tersebut di antaranya adalah:

1. Membuat To Do List atau Jadwal Harian

To do list sangat berguna untuk membimbing kegiatan harian kita agar tidak ada yang terlupa. Biasanya, jadwal harian dibuat saat malam sebelum tidur, atau saat bangun pagi. Hal ini akan memudahkan untuk fokus kita juga dapat digunakan sebagai panduan, mana pekerjaan yang sudah dikerjakan dan mana pekerjaan yang harus segera diselesaikan agar tidak ada pekerjaan yang terlewat. Meskipun terkadang ada beberapa yang terlewatkan, tidak apa-apa. Kita bisa memasukkan ke daftar rencana besoknya. Namun, jangan sering-sering, ya!

2. Menentukan Ruang Kerja/Kuliah

Agar saat bekerja maupun kuliah tetap nyaman dan tidak terganggu, maka pilihlah salah satu sudut ruangan/rumah sebagai ruang kerja secara khusus. Usahakan untuk menggunakan kursi dan meja saat bekerja/kuliah agar tidak mudah mengantuk atau malas dalam melakukan aktivitas.

3. Disiplin dengan Waktu

Melakukan aktivitas bekerja maupun kuliah dari rumah tentunya memberikan waktu yang lebih fleksibel. Akan tetapi karena tidak ada pengawasan langsung dari atasan ataupun dosen maka pastikan kita bisa disiplin waktu dalam bekerja/kuliah. Jangan sampai sering meninggalkan pekerjaan atau kuliah untuk urusan lain yang akhirnya menghambat penyelesaian tanggung jawab pekerjaan maupun perkuliahan ya!

4. Menghirup Udara Segar dan Menjaga Asupan Makan

Sekedar menghirup udara segar untuk pergi ke halaman depan atau belakang rumah dapat membantu menghilangkan kebosanan dengan suasana kerja yang mungkin sedikit monoton. Menjaga asupan makan juga sangat penting untuk menjaga kesehatan. Pastikan sarapan yang baik dan jadwalkan istirahat makan siang sesuai jam istirahat di kantor ataupun di kampus.

5. Berolahraga dan Berjemur

Walaupun saat ini sedang pandemic, jangan lupa untuk menyempatkan diri berolahraga. Olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh. Berjemur dibawah sinar matahari pagi juga perlu dilakukan untuk menghambat penyebaran virus ditubuh kita. Minimal sepuluh menit waktu berjemur sebelum mulai bekerja/kuliah.

6. Membuat jurnal

Menulis ulang kegiatan harian akan menjadi saat yang menyenangkan, terlebih ketika banyak aktivitas produktif yang telah kita lakukan. Selain sebagai bentuk review, jurnal yang kita tulis bisa menjadi bahan penghargaan untuk diri kita sendiri karena telah melakukan kegiatan produktif seharian.

Demikian tips untuk tetap produktif dimasa pandemi. Semoga tips ini dapat membantu kita untuk tetap aktif, kreatif, dan produktif dalam bekerja maupun dalam melakukan aktivitas lainnya. Salam sehat :)


Penulis : Rosiana