Anniversary dan Serah Terima Jabatan Teater Cebong

Dokumentasi LPM Tanpa Titik


Rabu, 25 Agustus 2021 telah berlangsung acara Anniversary yang ke-5 dan Sertijab (Serah Terima Jabatan) Teater Cebong. Bertempat di depan sekre, dimulai pukul 19.30 dengan pra acara hiburan musik dari anggota Teater Cebong Faisal Bakhri. Acara tersebut dihadiri oleh anggota Teater Cebong, perwakilan dari UKM internal, DEMA, sedulur tua Teater Cebong, dan Teater-teater se-Kabupaten Tegal, serta seniman lokal, Apas Khapasi yang dijuluki Manusia Nol, dan Retno selaku seniman. Acara diawali dengan pembukaan oleh ketua panitia, dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan doa yang dipimpin oleh Khusnul Aqib selaku dulur tua. Untuk acara inti, yaitu serah terima jabatan lurah Cebong dan kepengurusan lainnya, dimana dalam hal ini diserahkan kepada Iin Sundari sebagai lurah Cebong periode 2021-2022.

Heri Mulyono, selaku ketua panitia acara menyebutkan bahwa Anniversary seharusnya dilakukan tanggal 13 Agustus yang bertepatan dengan hari lahirnya Teater Cebong. Namun karena beberapa kendala, acara anniversary baru bisa terlaksana pada tanggal tersebut, dan digabung dengan Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari pengurus lama ke pengurus yang baru.

Di tengah acara, Liza Almama selaku dulur tua Teater Cebong memberikan sedikit kilas balik tentang berdirinya sebuah organisasi, yang bernama Teater Cebong. Bahwasannya ia membangun Teater Cebong dengan penuh semangat dan menjaganya sampai sekarang. Liza berpesan kepada generasi penerus Teater Cebong untuk tetap menghidupi dan jangan sampai melupakan jasa yang sudah membangun Teater Cebong. Ia meyakini, sesuai slogan Teater Cebong yaitu "Mimpi katak pasti terwujud"

Retno turut mendoakan Teater Cebong agar lebih maju kedepannya, berproses dan berkarya tanpa henti, dan tetap berkloser dimanapun Teater Cebong berada, sesuai dengan jargonnya. Lain halnya dengan Apas Khapasi, beliau memaknai anniversary ini dengan berbagai hal, seperti halnya 5 waktu salat, 5 protokol kesehatan, dan 5 pancasila.

"Bismillah, saya akan memperbaiki dan mengevaluasi kekurangan atau kelebihan pada tahun sebelumnya, saya juga akan berusaha agar nama Teater Cebong semakin harum dengan karya-karyanya" ucap Iin Sundari sebagai lurah baru.

Ia juga menyebutkan visinya yaitu inovatif dalam ide, dan  kreatif dalam karya, dan misinya adalah mewujudkan prinsip satu keluarga, untuk meningkatkan solidaritas dalam Teater Cebong.

Dokumentasi LPM Tanpa Titik


Di penghujung acara diisi dengan simblolik rasa syukur yaitu makan bersama, dan dilanjut dengan sarahsehan. Semua yang hadir di acara tersebut, bersama-sama bertukar ilmu serta informasi. Tentunya untuk menambah ikatan silaturahmi. Di sela sarahsehan diisi dengan penampilan musik dan puisi oleh Apas Khapasi.

"Harapannya untuk Anniversary ke-5 ini Teater Cebong lebih mendewasa dan tumbuh subur berbudaya. Dan semoga di kepengurusan yang baru ini dapat memberikan hal-hal baru yang lebih inovatif dan dapat meng-explore pengetahuan kesenian lebih luas." Tutur Tezar, sebagai ketua DEMA.


Penulis : Tim Redaksi