Dokumenter LPM Tanpa Titik

HMPS BKI mengadakan acara Talkshow untuk umum pada Hari Senin, 25 Januari 2021 dimulai pukul 08.00-11.30 WIB dan bertempat di aula IBN. Narasumber yang mengisi acara ini adalah Abdul Chamid, S.Pd., Kons, selaku ketua Laboratorium Psikologi Pendidikan dan Bimbingan ABKIN Kab. Tegal, dengan tema “Ketrampilan Menggunakan Assessment Dalam BK”.

Peserta Talkshow berjumlah 35 orang yang mana kebanyakan peserta berasal dari program studi BK di IBN maupun luar dan ada beberapa dari program studi lain.

“Awalnya, target HMPS BKI mengadakan Talkshow hanya ingin mengundang orang-orang yang memang berkecimpung di BK. Tetapi merasa kurang kalau hanya untuk khusus BK saja. Mending buat umum aja deh biar yang umum tuh tau sebenernya BK itu ngapain.” Ujar Rafi Margi Pratama, selaku ketua panitia.

Karena acara diadakan di tengah pandemi seperti ini, jumlah untuk peserta memang dibatasi dan pastinya tetap mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Kita niatkan mencari ilmu, menambah wawasan dan pengalaman kita dengan bidang assesment tes bimbingan dan konseling.” Begitulah sambutan dari Roikhatul Jannah sebagai Kaprodi Bimbingan dan Konseling Islam di IBN Tegal.

Apa itu assesment? Assesment adalah suatu proses pengumpulan data yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan, perencanaan, karier, dan pengembangan rencana layanan. Nah, mengapa Talkshow ini mengambil tema tersebut, karena dalam prakteknya, assessment ini dilakukan kepada siswa dengan tujuan untuk memperoleh data-data yang berguna untuk memahami siswa, yaitu identitas siswa, karakteristik siswa, dan aspek psikologis siswa yang pastinya sangat penting bagi guru BK.

“Bagaimana seharusnya proses assessment dilakukan pada masa pandemic seperti ini?” tanya salah satu peserta. Abdul Chamid menjelaskan bahwa assessment yang dilakukan pada situasi pandemic adalah dengan mengadakan layanan atau konseling perorangan melalui medsos. Jika konseling belum terlalu jelas, juga bisa datang langsung ke tempat layanan.

Dokumenter LPM Tanpa Titik

Selama berlangsungnya acara, banyak peserta yang bertanya, dan saling berdiskusi. Respon dari narasumber dalam menyampaikan materi ataupun jawaban juga sangat detail sehingga Talkshow ini dapat berlangsung dengan lancar. Acara ditutup dengan pemberian plakat kepada narasumber dan foto bersama.

Penulis : Bunga

Reporter : Bunga dan Rosiana