Dokumenter LPM Tanpa Titik


Selasa, 26 Januari 2021 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi dan Bisnis Islam IBN Tegal menyelenggarakan Enterpreneurship Training Berbasis Syariah dengan mengacu pada tema ”Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Ekonomi dan Perbankan Syariah untuk menghadapi tantangan globalisasi”. Kegiatan yang berlangsung di Aula IBN tersebut diawali dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Royani. Dilanjutkan dengan pengenalan dan kontrak belajar oleh Sie. Acara, pada pukul 09.00 WIB.  Untuk kuota peserta atau data kehadiran dalam acara Enterpreneurship Training Berbasis Syariah adalah 34 peserta, dengan sasaran mahasiswa PBS (Perbankan Syariah) dan ES (Ekonomi Syariah) semester 2 dan 4.

Adapun karena mengingat acara diselenggarakan pada masa pandemi, maka panitia penyelenggara menerapkan dan memberlakukan dengan tegas protokol kesehatan seperti pemberian handsanitizer kepada peserta, memakai masker, dan menjaga jarak.

Dalam acara ini, diisi oleh beberapa pemateri dengan menyajikan materi-materi yang berhubungan dengan tema yang diangkat. Tentunya dengan harapan diberikannya materi tersebut adalah untuk memberi wawasan, pengetahuan dan penerapan bagi peserta dalam kehidupan sehari-hari. Adapun untuk pemateri beserta materi yang disajikan meliputi :

  • 1.      Leadership oleh Khusnul Aqib
  • 2.      Manajemen Perbankan Syariah oleh Catur Wahyudi
  • 3.      Public Speaking oleh Aqib Malik
  • 4.      Manajemen Organisasi oleh Zaki Mubarok, dan
  • 5      Problem Solving oleh Syamsul Falah

“Tujuan diadakan acara ini adalah untuk meningkatkan shoft skill dari mahasiswa prodi PBS dan ES itu sendiri. Untuk tema yang kali ini diangkat bermula dari usulan beberapa mahasiswa dan hasil keputusan muyawarah bersama” ungkap Ani Khofifah,selaku ketua panitia pelaksana.

Dokumenter LPM Tanpa Titik


Saya mengikuti acara tersebut karena merupakan sebuah moment yang diselenggarakan oleh HMJ saya sendiri, dan merupakan kesempatan untuk belajar lebih dalam sesuai bidangnya. Kemudian  di sini saya sangat termotivasi dari para pemateri karena pengalaman-pengalaman pemateri sendiri” sambung Farah.

Acara berlangsung sampai pukul 19.00 dengan materi terakhir, dan ditutup bersama-sama oleh panitia dan peserta.

Reporter : Izzah, Hanifah