Pict. By Google

Tak terasa tahun 2020 akan berakhir, tanpa disadari virus COVID-19 telah membersamai kita selama hampir 1 tahun. Sejak munculnya virus COVID-19 pada bulan Maret 2020, banyak perubahan yang terjadi di masyarakat terutama kebiasaan-kebiasaan yang sebelumnya dilakukan oleh masyarakat. Seperti halnya segala hal yang dilakukan dengan bertatap muka satu sama lain justru sebaliknya, sekarang kita harus menghindari pertemuan dengan banyak orang.  Selama pandemi COVID-19 ini banyak waktu luang dihabiskan di rumah saja. Hal ini dikarenakan  pekerjaan, sekolah dan semua kegiatan dilakukan secara online. Hal tersebut pula yang membuat banyak orang merasa bosan dan jenuh akan rutinitas yang itu-itu saja. Tak berhenti disitu orang-orang pun akhirnya mulai putar otak untuk bisa mengubah pola hidupnya supaya lebih bermanfaat, bukan hanya sekedar rebahan saja, tapi mencari kegiatan yang lainnya.

Alternatif yang bisa dilakukan dengan mengeksplorasi hobi baru yang kini sedang trend dikalangan anak milenial, salah satunya yaitu menanam atau berkebun. Mungkin sebagian orang aktivitas menanam atau berkebun dianggap sebagai bentuk pelarian untuk melepaskan kejenuhan selama di rumah saja.

Eittss, jangan salah ya.

Ternyata menanam atau berkebun bisa menjadi therapy yang murah dan menyenangkan. Dengan menanam atau berkebun bisa memperbaiki suasana hati loh, apalagi selama pandemi seperti sekarang ini. Menanam bisa menjadi pengganti rekreasi selama berada di rumah saja. Menanam juga menjadi sarana untuk meningkatkan kesehatan psikis kita. Ruang terbuka hijau yang kita lihat dapat menurunkan kecemasan, menstabilkan suasana hati dan dapat mengurangi depresi. Melihat pot tanaman saja sudah merasa begitu menyenangkan, mengapa demikian? karena pada saat mata kita melihat tanaman yang berwarna hijau otomatis otak kita memproduksi lebih banyak horman serotonin sehingga kita merasa senang saat melihatnya.

Banyak sekali dampak akibat pandemi COVID-19 ini, apalagi di bidang ekonomi, namun tidak semuanya begitu. Dengan adanya pandemi COVID-19 muncul pula peluang baru yang bisa menjadi ladang bisnis, yaitu melalui menanam atau berkebun seperti sekarang ini yang sedang digandrungi oleh banyak orang. Manaman atau berkebun bukan hanya hobi yang baru, akan tetapi bisa juga menghasilkan pundi-pundi rupiah. Salah satu tanaman yang sedang menjadi trend adalah kaktus dan sukulen. Kaktus dan sukulen menjadi tanaman hias yang banyak dicari orang. Selain bentuknya yang lucu, warna yang bervariasi dan cara merawatnya pun cukup mudah. Banyak pula orang yang mengkreasikannya dengan aneka pot-pot unik dan cantik. Selain bisa digunakan sebagai tanaman hias, kaktus dan sukulen bisa juga  digunakan sebagai hiasan indoor rumah sehingga dapat menambah estetika.

Menanam atau berkebun tak sekadar aktivitas yang bersentuhan dengan alam, melainkan dengan  menanam atau berkebun memberikan makanan pada jiwa-jiwa kita. Tentunya, kita juga dapat mengambil manfaat dari adanya pandemi yang sedang merebak dengan aktivitas menanam tersebut. 

Penulis : Salisa