pict: vikart

Indonesia merupakan salah satu negara dari banyaknya negara yang ada di dunia ini, Indonesia adalah negara besar yang kaya akan budaya. Budaya itu sendiri menurut E.B Taylor adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral hukum, adat istiadat dan lainnya yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.  Budaya yang ada di Indonesia banyak. Mulai dari bahasa, tari-tarian khas Indonesia, pakaian adat, rumah adat, alat musik, lagu daerah, batik, dan bentuk-bentuk budaya lainnya. Semuanya memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Lantas, apa itu budaya Indonesia? Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka. Semua budaya baik, dan tidak ada yang buruk, tergantung bagaimana pandangan masyarakat Indonesia dalam memandang setiap budaya Indonesia. Pada era moderisasi, perubahan budaya terjadi sangat cepat, hal ini disebabkan pengaruh kemajuan teknologi. Budaya asing dapat masuk ke Indonesia sewaktu-waktu dan membuat perubahan yang signifikan mulai dari pola pikir, perilaku bahkan sampai pola hidup masyarakat. Salah satu contohnya yang sekarang kian marak adalah budaya pop yang terjadi di Korea. Produk budaya korea mulai dari film, lagu, fashion, gaya hidup, produk-produk industri mulai mewarnai kehidupan masyarakat di Indonesia. Demam Korean-Pop (K.Pop) sangat berpengaruh terhadap budaya-budaya di Indonesia yang mana akan menghilangkan budaya lokal menjadi budaya luar. Bergesernya budaya yang terjadi di masyarakat dapat mengakibatkan dampak buruk, contoh dalam hal cara berpakaian saja atau dari segi bahasa, masyarakaat akan mengikuti orang yang diidolakannya. Oleh karena itu, perlu kita membentengi diri dari pengaruh budaya luar, dengan selalu waspada, bukannya kita menolak, namun kita harus mampu menyeleksi mana yang baik dan mana yang buruk. Mari kita cintai dan rawat budaya Indonesia, jangan sampai budaya kita justru diakuisisi oleh negara lain yang akan merugikan bangsa kita sendiri, terus jaga dan lestarikan kekayaan budaya kita dengan kesadaran diri akan besarnya rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.   

Seperti yang dikatakan oleh Maisie Junardy, yaitu “Culture is not something ancient and traditional. Culture is something that is organic. Every new song, new clothes, new movie, new story.. all of those are the creation of culture. Culture is alive and keep improving.” Yang artinya Budaya bukan saja sesuatu yang kuno dan tradisional. Budaya adalah sesuatu yang organik. Setiap lagu baru, pakaian jenis baru, cerita baru.. semua itu adalah hasil budaya. Budaya itu hidup dan terus berkembang. 

Penulis : Vikar

Editor : Salisa