Tahap Pemilihan Rektor : Siapa Kandidat Terpilih?

 Tahap Pemilihan Rektor : Siapa Kandidat Terpilih?

Pict: Panitia penyelenggara

Jelang tahap akhir, 7 Januari 2022 dilaksanakan pemilihan Rektor oleh Senat IBN Tegal. Hari ini merupakan tahap akhir dalam rangkaian pemilihan Rektor, selanjutnya pada tanggal 17 Januari Rektor terpilih akan ditetapkan oleh YPPPI Ki Gede Sebayu dilanjut tanggal 19 Januari adalah pelantikan Rektor.

Pemilihan Rektor dilaksanakan secara tertutup oleh panitia pemilihan beserta Senat IBN Tegal. Pemegang hak suara adalah Senat IBN Tegal dan beberapa perwakilan dosen. Adapun pemegang hak suara dalam pemilihan Rektor sebagai berikut : 

1. Badrodin (Ketua Senat)

2. Saepudin (WAREK I)

3. Saidin (WAREK II)

4. Abdul Muslich (WAREK III)

5. M. Sururi (DEKAN FSU)

6. Sunaryo (Perwakilan Dosen FSU)

7. A. Ghufron (DEKAN FITK)

8. Choirul Amin (Perwakilan Dosen FITK)

9. Sunyoto (Yayasan)

10. Royani (DEKAN FEBI)

11. Abdul Aziz (Perwakilan Dosen FEBI)


Pict: Panitia Penyelenggara

Dalam pemilihan berlangsung secara sederhana dan tertutup, anggota Senat menggunakan hak pilihnya masing-masing. Pemegang suara hadir sepenuhnya, kemudia menggunakan fasilitas bilik suara dan surat suara yang bisa tergambarkan secara transparan.

Ivan Dani sebagai saksi dari pemungutan suara tersebut. Adapun dari salah satu calon rektor, Pindha Kaptiningrum tidak bisa menghadiri agenda tersebut dikarenakan sedang berada di Semarang dalam rangka pengembangan bahasa. Beliau mengirimkan surat izin kepada panitia dan Senat. 

Pemilihan berlangsung dengan perolehan hasil Pindha Kaptiningrum (0) nol suara, Ahmad Ghufron (5) lima suara, dan Saepudin (6) suara. Dengan ini, dinyatakan Saepudin menjadi kandidat terpilih dalam pemilihan Rektor masa Bhakti 2023-2027. 

Setelah rangkaian acara ini selesai, maka beliau sebagai rektor terpilih akan menjadi nahkoda yang membawa IBN berlayar. Sesuai visi misi dan program kerja yang telah dipaparkan di hadapan banyak orang, beliau akan membawanya dalam kurun waktu (4) empat tahun. 

"Tahapan di Senat saya unggul. Saya meyakini teman-teman Senat yang suaranya untuk saya berpijak pada penilaian tahapan yang ada. Misalnya syarat calon, termasuk jenjang akademik. Kemudian visi, misi dan program. Saya berterima kasih kepada teman-teman Senat yang berpandangan profesional dan obyektif sehingga mengamanatkan suaranya kepada saya. " Ungkap Saepudin.

Namun tidak mudah untuk bisa mewujudkan visi misi dan program Tanpa komitmen yang kuat oleh seluruh stakeholder IBN. Sebab :

a. Sistem di IBN belum terbentuk  secara sistematis dan masif.

b. Masih perlu pembenahan regulasi untuk mencapai kepastian hukum.

c. Sumber daya manusia di tingkat kesekretariatan masih belum profesional.

Insya allah, langkah yang segera saya lakukan :

a. Pembenahan regulasi untuk pijakan kerja profesional.

b. Konsolidasi ke atas dan menyamping.

c. Jejaring dengan lembaga dan perorangan untuk memenuhi kuantitas mahasiswa dan sumber dana". 

Ujar Saepudin, sebagai Rektor terpilih.

Berikut hasil perhitungan suara pemilihan Rektor Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal Masa Bakti 2023-2027.

Pict: Tim Penyelenggara



Penulis: Tim Redaksi

Komentar

  1. Assalamualaikum wr
    Saya ucapkan selamat kepada Bapak Saepudin yang telah terpilih menjadi Rektor IBN masa bakti 2023 - 2027.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer