Kuliah Sambil Bekerja atau Bekerja Sambil Kuliah???

 Mana Prioritasmu Kuliah atau Bekerja

Pict by: LPM Tanpa Titik

Banyak orang yang memimpikan untuk mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Apalagi jika dari lulusan SMA mereka pasti akan diarahkan untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Namun di saat yang bersamaan, biaya yang dikeluarkan kuliah tidaklah sedikit. Hal ini membuat banyak orang kebingungan apakah mau melanjutkan ke bangku kuliah atau mencari uang dan pengalaman di dunia kerja.

Dari dua pilihan tersebut tidak sedikit orang untuk menjalankan keduanya. Yang jadi pertanyaan apakah orang tersebut “kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah.” Dari segi kata kuliah sambil kerja dan kerja sambil kuliah itu sama. Sama-sama memiliki tiga kata, hanya dibalik kata depan menjadi belakang begitu pula sebaliknya. Meskipun sama dari segi kata nyatanya memiliki makna dan maksud yang berbeda.

Dari segi komitmen, apabila memilih kuliah sambil kerja, maka yang harus diutamakan adalah kuliahnya. Jangan sampai mengganggu kegiatan perkuliahan karena tuntutan pekerjaan. Di sini kita dituntut untuk komitmen menyelesaikan kuliah secepatnya dan menghasilkan uang untuk biaya tambahan kuliah disela-sela kuliah.

Sedangkan jika kita memilih kerja sambil kuliah, maka yang menjadi prioritas adalah pekerjaan kita. Pada dasarnya masalah ini biasanya dialami oleh orang yang sudah bekerja tetapi ingin melanjutkan pendidikannya yang lebih tinggi untuk berbagai alasan.

Segi waktu, bagi yang memilih kuliah sambil kerja berarti pembagiannya harus lebih besar waktu untuk kuliah dibandingkan kerja. Misalnya 90% kuliah dan selebihnya digunakan untuk bekerja. Bila memilih kerja sambil kuliah, kita harus memberi porsi waktu lebih banyak untuk pekerjaan dari pada kuliah. 90% untuk bekerja dan sisanya digunakan untuk kuliah.

Orang yang memilih kuliah sambil kerja akan lebih mandiri karena tidak tergantung dengan kiriman uang dari orang tua. Mereka juga mendapatkan pengalaman bekerja, di mana itu sangat berguna nantinya saat masuk dunia kerja usai kuliah, berpengalaman dalam memanajemen waktu serta tidak boros karena tahu sulitnya mencari uang. Meskipun demikian, orang yang memilih kuliah sambil kerja berpotensi menghambat proses kegiatan perkuliahan dan kurang fokus atau bahkan mengabaikan kuliahnya karena tidak bisa berkomitmen.

Untuk yang memilih opsi kedua yaitu kerja sambil kuliah, mereka mandiri karena biaya kuliah dialokasikan dari hasil bekerja. Sedangkan kesulitannya, mereka sulit memanajemen waktu apalagi kalau sedang sibuk-sibuknya pekerjaan mereka ditambah dengan tugas perkuliahan yang tidak kalah banyak.

Kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada dasarnya pilihan ada ditangan masing-masing orang yang menjalani tidak peduli mana yang akan dijalankan nanti. Jika sudah memiliki tekad dan komitmen yang kuat apa pun yang pilihannya pasti dapat dijalankan dengan baik.


Penulis: Arfia L.

Editor: Maharani

Komentar

Postingan Populer