IBN Tegal Gelar Kuliah Perdana Tahun Akademik 2022/2023

Dokumentasi LPM Tanpa Titik

Tegal, Sabtu 10 September 2022 Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal (IBN) Menggelar Kegiatan Pembukaan Perkuliahan perdana tahun akademik 2022/2023 yang bertempat di Aula IBN Tegal.

Kuliah Perdana ini diselenggarakan secara offline di Aula IBN dengan dihadiri oleh dosen-dosen IBN Tegal, 240 Mahasiswa Baru dan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker. Kuliah perdana tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin yang hanya sekitar 180 Mahasiswa, dengan penambahan mahasiswa diharapkan kampus dapat menyediakan tempat yang agak luas.

“Tahun sebelumnya dilaksanakan di luar halaman kampus IBN karena ada Covid-19, sementara ini sudah ada kelonggaran meskipun tetap harus memakai masker.” Ungkap Rektor IBN Tegal.

Perkuliahan perdana tersebut dibuka oleh Rektor IBN Tegal dengan tema "Menguatkan Kompetensi Akademik Mahasiswa Pada Infrastruktur Sosial dan Informatika Berbasis Moderasi Beragama."

Beliau dalam pembukaannya mengatakan terima kasih kepada penyelenggara perkuliahan perdana ini, dan mengucapkan selamat datang kepada narasumber yaitu Prof. Dr. Haji Ahmad Rofiq M.A. yang merupakan guru besar Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Acara ini diawali dengan pembacaan Al-Qur'an dilanjut sambutan oleh Warek 1 Dr. Saepudin MA., kemudian dilanjut materi oleh Prof. Dr. H. Ahmad Rofiq M.A, dengan materi mahasiswa dan generasi milenial Indonesia.

"Teknologi informatika modern terus berkembang di kalangan Indonesia, bahkan mahasiswa delapan jam lebih sering membuka internet untuk mengakses sosial media dan hanya satu jam saja membaca artikel pengetahuan, beliau mengingatkan agar mahasiswa lebih cerdas mengakses situs yang beredar di sosial media, melihat banyaknya situs situs palsu yang dikuasai oleh orang Yahudi.

Mahasiswa baru harus menyiapkan diri menjadi warga yang intelektual mampu memecahkan masalah yang dihadapi secara bijaksana" Ujar Drs. H. Badrodin, MSI selaku rektor IBN Tegal

Adapun Terkait keluhan mahasiswa tentang fasilitas yang ada di aula, fasilitasnya memang belum diperbaiki karena kemarin itu harus ada pertimbangan dari sapras, tetapi untuk kuliah perdana ini ada tambahan pendingin ruangan.

Menurut Diana yang merupakan mahasiswa baru “Dari segi materi menarik sih, kan ditampilin di layar proyektor cuman dari belakang tidak terlihat. Kemudian dari  segi tempat nyaman sih, cuman kurang gede (luas), jadi ketika mau lewat terasa susah bagi yang agak gemukan” ujarnya.

"Yang diharapkan bukan cuma mahasiswa baru saja yang mengikuti kuliah perdana tetapi semua mahasiswa IBN diharapkan untuk hadir. Tetapi menimbang aula yang kampus yang kecil, jadi hanya perwakilan dari semester satu sampai semester tiga saja yang hadir" ujar Rektor IBN Tegal.

Acara ini berjalan dengan lancar sejak diadakannya PBAK senin kemarin (10/9) dan rencanannya perkuliahan akan dilaksanakan pada tanggal 12 September secara offline.


Penulis : Tim Redaksi