UKM Stapala Bersama Ormawa Lakukan Gerakan Aksi Bersih Sampah 

Dokumentasi LPM Tanpa Titik

        21 Februari 2022 bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) segenap Organisasi Mahasiwa IBN Tegal turut memeriahkan kegiatan Aksi bersih sampah di lingkungan kampus. Kegiatan ini dikoordinatori oleh UKM Stapala. Aksi ini mengambil tema “Memikirkan Bumi. Membumikan pikiran.” Bagaimana tanggapan kita terhadap kebersihan bumi pertiwi, maka pikiran harus berkolaborasi agar tersentuh untuk saling menjaga alam sekitar. Memikirkan bumi tidak hanya dipikirkan dalam benar tetapi harus ada action atau aksi nyata.

            Selanjutnya kegiatan aksi bersih sampah  ini berlangsung tepat pukul 09.00 WIB dengan diikuti oleh perwakilan kelas, ketua  HMPS, dan segenap aliansi UKM. Aksi bersih sampah ini meraup perhatian besar warga kampus dan harapannya setiap mahasiswa peka akan kebersihan lingkungan sekitar. Gerakan aksi bersih sampah ini membawa manfaat yang sangat positif, lingkungan kampus menjadi bersih dan asri tentu akan memberi kenyamanan tersendiri bagi mahasiswa.

            Kegiatan ini dimulai tepat dari depan gerbang kampus hingga Gedung belakang, mahasiswa amat antusias dalam kegiatan ini, dengan dikantongi kresbag dan peralatan seperti sapu, cangkul dan lain sebagainya aksi berlangsung dengan kondusif dan lancar.

            “Sudah seharusnya kampus memfasilitasi kebutuhan mahasiswa dalam kebersihan seperti halnya tempat pembuangan sampah sementara dan Bak truk sebagaimana agar sisa-sisa sampah dapat diolah sehingga meminimalisir ditimbun nya sampah diarea kampus.” Tutur Jevi selaku koordinator lapangan.

            Sebelum Aksi bersih sampah dilakukan, pada hari Minggu telah berlangsung kegiatan diskusi dalam rangka memperingati hari sampah yang dipantik oleh Muhammad Koidin dan Saepudin selaku pembina UKM Stapala.  

            “Aksi bersih sampah ini didasarkan atas keresahan mahasiswa akan sampah yang ada di lingkungan sekitar kampus dan segenap Ormawa sepakat untuk merubah system kebersihan ang ada didalam kampus.” Ungkap Yayi ketua UKM Stapala.

            Pihak kampus sangat mengapresiasi kinerja Ormawa yang mau andil dalam menjaga kebersihan kampus dengan melaksanakan gerakan aksi bersih sampah, tentu ini menjadi modal awal untuk mengembangkan sarana dan prasarana didalam kampus baik menyediakan tempat sampah organik dan anorganik di halaman masing-masing kelas maupun fasilitas lainnya.

            “Setiap daerah memiliki problem kebersihan yang berbeda-beda, peduli lingkungan diawali dengan peka terhadap lingkungan Sebagaimana dampak posistif yang dirasakan ketika mampu menjaga alam sekitar, ini adalah investasi yang tak ternilai oleh angka, sebab menjaga kebersihan berarti menabung amal kebajikan. Maka dari itu misi merawat dan melestarikan alam sekitar adalah tugas setiap individual.” Tambah Saepudin selaku pematik diskusi.

            Aksi Bersih sampah ini menjadi action mahasiswa dalam berpikir nalar pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, memilah dan memilih sampah organik dan anorganik lalu memasukkan pada tempat yang telah disediakan adalah bukti cinta dan peduli mahasiswa dalam merespon kebersihan lingkungan kampus. Tentu harapannya aksi bersih sampah ini mampu membawa perubahan yang signifikan akan pentingnya menjaga alam raya.

 

Penulis : Rista Lutviana