DPD KNPI Adakan Pelatihan Kepemimpinan Pemuda

Dokumentasi LPM Tanpa Titik

Kamis, 23 Desember 2021 DPD KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kabupaten Tegal mengadakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dengan mengangkat tema "Memayu Hayuning Bawono" yang berarti mempercantik keindahan dunia. Dengan harapan, agar pelajar dan mahasiswa mampu mewarnai Kabupaten Tegal. Yang bertempat di aula kampus Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal. 

Pihak KNPI memilih kampus IBN sebagai tempat kegiatan ini dikarenakan IBN merupakan kampus tertua yang ada di Kabupaten Tegal, serta mempunyai historis panjang di bidang pendidikan. 

Acara ini dihadiri oleh pengurus OSIS SMA/SMK Kabupaten Tegal, pengurus BEM dari Universitas atau Sekolah Tinggi Kabupaten Tegal, perwakilan Organisasi Kepemudaan (OKP),  serta peserta dari luar Kabupaten Tegal. Setiap peserta diwajibkan membuat artikel tentang kepemimpinan dan membuat vidio orasi berdurasi 30 detik. 

Kegiatan ini dibuka pada pukul sepuluh pagi oleh pembawa acara, hingga sore. Dan dibuka oleh Bintang Suryo Wicaksono, selaku kepala bidang Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata. 

Ada beberapa materi yang diangkat dalam pelatihan ini. Materi pertama, tentang kepemimpinan yang dibawakan oleh Bintang Suryo Wicaksono, Kepala Bidang Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata. Materi kedua, kapasitas pemimpin intelektual, spiritual, dan emosional oleh Syamsul Falah, S.Pd.I., MHI, selaku dosen IBN Tegal. 

Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. 

Sambutan pertama oleh Ketua Pelaksana, Arif Hidayat. "Pelatihan ini merupakan langkah awal untuk memperdaya teman-teman (ditujukan; peserta) agar menjadi calon pemimpin masa depan. Dan juga, untuk mengasah kemampuan nalar dan intelektual, supaya dapat merealisasikan cita-cita." tuturnya.

Selanjutnya, sambutan oleh Sekretaris Jenderal KNPI, Kusnanto. Dan Bintang Suryo Wicaksono, selaku Kepala Bidang Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu layanan bidang Kepemudaan. 

Ketua pelaksana dan Sekretaris Jenderal KNPI menyampaikan bahwa latar belakang diadakannya acara ini merupakan hasil rapat kerja KNPI Daerah Kabupaten Tegal. Dan juga agar menghasilkan pemimpin dari pemuda-pemuda pada masanya sendiri. 

Arif juga menambahkan bahwa kegiatan pelatihan ini sudah direncanakan sudah lama. Namun, prepare nya 2 minggu sebelum hari H. 

Dan ada beberapa kendala seperti, pemuda masa kini masih minim hasrat untuk membaca. Serta baru ada sebagian peserta yang mengumpulkan syarat untuk mengikuti acara ini. 

Kusnanto, selaku Sekretaris Jenderal berharap dari adanya kegiatan ini yaitu agar pelajar atau mahasiswa bisa lebih mengelola organisasinya. Dan juga bisa bareng-bareng bergelut didunia Kepemudaan khususnya bersama KNPI yang mewadahi organisasi Kepemudaan. 

Di KNPI sendiri sudah ada 50 Organisasi Kepemudaan (OKP)  dan 25 komunitas pemuda yang bergabung.

"Saya merasa sangat senang karena ada wadah untuk bertemu teman-teman BEM dari universitas lain. Dan saya berharap pemuda masa ini semakin berkontribusi untuk menjadi pemimpin di negara ini." ucap Sekar Wulandari, salah satu peserta Pelatihan Kepemimpinan Pemuda. 

Dan, acara terakhir yaitu pengumuman duta pemimpin pemuda.


Penulis : Amalia

Dokumentasi : Lutful