Dewan Eksekutif Mahasiswa IBN Tegal Adakan Olimpiade Ilmiah

Dokumentasi Panitia Pelaksana

Kamis, 02 Desember 2021, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal mengadakan pembukaan Olimpiade Ilmiah dengan mengangkat tema "Menyiapkan SDM Unggul untuk Menyongsong Era Society 5.0" yang bertempat di aula kampus. 

Lomba akan diadakan selama tiga hari. Hari Kamis, dilaksanakan lomba presentasi Karya Tulis Ilmiah dan lomba pidato Bahasa Inggris. Hari Jum'at, perlombaan debat ilmiah. Dan hari Sabtu, pengumuman pemenang lomba sekaligus seminar sebagai penutup acara tersebut. 

Kurang lebih ada 30 peserta yang mendaftar lomba. Diantaranya lomba Karya Tulis Ilmiah, pidato Bahasa Inggris, debat, dan penulisan essai. Untuk penulisan essai, dikhususkan untuk SLTA tingkat Kabupaten maupun Kota Tegal. Sedangkan 3 lomba lainnya untuk mahasiswa IBN Tegal. 

Sebelum acara dibuka, diisi oleh Bara Musik sebagai pra acara. Setelah itu, acara dibuka pada pukul sembilan pagi oleh pembawa acara. 

Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Asyifa Suryani, selaku ketua panitia. Dan presiden mahasiswa, Akhmad Tezar. 

Sambutan selanjutnya yaitu oleh Abdul Muslich, selaku warek III. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa boleh aktif dalam organisasi, tetapi jangan berlebihan. Dalam akademik pun jangan sampai ketinggalan. 

Acara selanjutnya yaitu perlombaan pidato Bahasa Inggris dan presentasi Karya Tulis Ilmiah. 

"Latar belakang dari acara olimpiade ini yaitu program kerja dari DEMA IBN. Dan, dari DEMA sendiri ingin membangun semangat di lingkungan IBN." ujar Syifa, selaku ketua panitia. 

Syifa juga menambahkan bahwa era 4.0 sudah surut. Seperti semangatnya, isu-isu yang beredar juga sudah surut. Serta hal-hal yang kita lakukan sepertinya sudah bukan di era 4.0 lagi. 

Dan ada beberapa kendala seperti sumber Daya Manusianya (SDM), lalu dari prepare juga masih kurang. 

Tezar, selaku presiden mahasiswa menambahkan, dari acara olimpiade ini agar bisa mengembangkan potensi mahasiswa IBN dari bidang akademik. 

"Saya merasa senang karena ada wadah untuk kreatifitas mahasiswa IBN. Dan sesungguhnya dari mahasiswa banyak sekali potensi-potensi yang tidak terlihat karena tidak ada wadah untuk menuangkan potensi tadi. Sehingga dengan diadakannya acara ini, dapat menyalurkan potensi mahasiswa IBN." ujar Muhibbah Muhaimin, salah satu peserta lomba pidato Bahasa Inggris.


Penulis : Amalia