HMJ Ekobis melaksanakan Musyawarah Himpunan Mahasiswa (MUSHIMA)

Dokumenter LPM Tanpa Titik


Rabu, 10 Maret 2021 HMJ Ekonomi dan Bisnis Syariah melaksanakan musyawarah himpunan mahasiswa (MUSHIMA). Agenda ini bertujuan untuk musyawarah bersama untuk pergantian kepengurusan, dan pergantian dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) menjadi Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS). Pada awalnya himpunan tersebut dinamkan dengan HMJ karena terdiri dari dua program studi, dan adanya MUSHIMA ini membentuk HMPS.

Agenda bertempat di ruang kelas IBN. dimulai pukul 13.00 diawali dengan sambutan, pembacaan Laporan Pertanggungjawaban, pemilihan ketua HMPS, dan penutup.  

Dalam sambutannya, Zahro menuturkan “Semoga dengan terpilihnya ketua yang baru juga terpisahnya kepengurusan prodi ES dan PBS bisa semakin meningkatkan kualitas mahasiswa”.

“Harapan saya semoga kedepannya mahasiswa bisa berpengaruh aktif dalam setiap kegiatan organisasi tak terhalang oleh kegiatan sehari-hari” tutur Titi, dosen FEBI.

Pergantian kepengurusan tersebut diadakan satu tahun sekali oleh himpunan mahasiswa. Dalam satu periode biasanya mereka memiliki program kerja masing-masing tersendiri.

Konsep acaranya yaitu musyawarah bersama antara kepengurusan saya dengan kepengurusan yang akan datang. Setelah itu ada pemilihan ketua himpunan dengan cara voting bagi mereka yang memenuhi persyaratan. Adapun persyaratan untuk menjadi ketua himpunan adalah mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa aktif, semester 3, tidak terikat atau menjadi ketua di organisasi lain, dan mengikuti pelatihan yang kemarin telah dilaksanakan. Harapan saya kepengurusan sekarang banyak melaksanakan kegiatan atau agenda, sebab kepengurusan saya kemarin tidak banyak melaksanakan kegiatan” ungkap Zahro ketua HMJ periode sebelumnya.

Setelah dilaksanakan MUSHIMA, diperoleh keputusan dari hasil voting bahwa ketua HMPS terpilih untuk prodi EKOBIS yaitu Ilma Khoirunnisa dan prodi PBS yaitu Dwi Indah Lestari. Untuk nantinya mereka akan membentuk kepengurusan dan kaderisasi berikutnya.

Dokumenter LPM Tanpa Titik


“Kita mengacu pada MUSHIMA tahun 2019, di situ tertera bahwasannya HMJ harus sudah digantikan dengan HMPS. Namun karena kita merasa jumlah mahasiswa kita sedikit dan SDM nya belum mencukupi, maka pada tahun kemarin HMJ belum bisa diubah menjadi HMPS. Namun pada tahun ini kita sudah tercukupi SDM nya dan kita bisa membentuk HMPS. Oleh karena itu, pada kepengurusan tahun ini sudah menjadi HMPS, yaitu HMPS Ekobis dan PBS” sambung Tezar, mahasiswa Ekobis.

Ketua baru menaruh harapan untuk kepengurusannya akan lebih baik lagi dibandingkan kepengurusan yang lalu, dan mereka juga akan melanjutkan agenda atau program kerja yang sudah ada, serta menumbuh dan mengembangkan HMPS nya masing-masing.

 

Reporter : Lutful, Gigih, Maul 

Penulis   : Syifa