Good Looking Versus Good Attitude

Mungkin istilah good looking dan good attitude sudah tak asing lagi di telinga kita. Apalagi akhir-akhir ini banyak fenomena yang mengatasnamakan good looking dan good attitude, terutama yang marak terjadi di media sosial seperti Twiter, Instagram, Facebook dll. Terlintas dalam pikiran kita, apa sih yang dinamakan good looking dan good attitude itu? Menurut Merriam Webster, Good looking adalah “Having a pleasing or attractive appearance” yang berarti “Mempunyai penampilan yang menarik”, jadi bisa diartikan sebagai seseorang yang memiliki penampilan yang baik, seperti ganteng ataupun cantik. Sedangkan good attitude itu sendiri berasal dari dua kata “good’ artinya baik dan “attitude”artinya sikap atau kepribadian. Jadi good attitude adalah sikap, perilaku atau kepribadian yang baik.

Orang yang memiliki tampang good looking tentu memiliki kelebihan yang tidak  dimiliki oleh semua orang. Namun bukan berarti orang yang memiliki tampang good looking semua hal yang dilakukannya harus dibenarkan, tentu tidak. Misalkan saja kita lihat kasus yang baru-baru ini terjadi di media sosial Instagram Agustus lalu. Diduga salah satu mantan anggota girl band yang mengunggah video perbuatan yang tidak senonoh dengan kekasihnya. Hal itu menimbulkan pro dan kontra mengenai kasus tersebut. Kebanyakan orang membelanya karena dia cantik dan mempunyai penampilan yang menarik. Berbeda lagi jika kasus tersebut menimpa seseorang yang dianggap tidak memiliki nilai lebih dalam kecantikan dan tidak memiliki penampilan yang menarik (good looking). Seperti sudah menjadi suatu fenomena yang lumrah dengan “keadilan sosial bagi seluruh rakyat yang good looking”. Melihat kenyataan yang ada membuat kita sadar bahwa orang yang memiliki tampang good looking tidak semuanya memiliki perilaku, sikap, kepribadian yang baik atau good attitude.

Dalam Islam mengatakan “Manakah yang lebih baik antara ilmu dengan akhlak” maka jawabannya adalah akhlak, mengapa? karena akhlak/attitude lebih penting, jika attitude kita baik pasti yang lain akan mengikuti. Attitude menjadi dasar utama dalam membentuk perilaku seseorang. Apabila dibandingkan dengan good looking tentu yang lebih utama adalah good attitude.

Berbicara mengenai good looking pasti tidak jauh-jauh dengan yang namanya insecure. Mengapa? karena sebagian besar insecure muncul dari ketidak percaya-an diri  seseorang akan fisiknya atau apapun yang membuat dirinya merasa kurang. Lebih jelasnya, apa sih insecure itu? Insecure adalah perasaan yang tidak aman yang terjadi disaat kita merasa malu, bersalah, merasa kurang, yang mengakibatkan tidak percaya diri. Penampilan good looking yang dimiliki seseorang, terkadang membuat iri kebanyakan orang yang melihatnya dan berakhir dengan membanding - bandingkan diri sendiri. Padahal Tuhan menciptakan makhluknya begitu istimewa dengan segala keunikannya. Jadi tak perlu insecure namun patutlah bersyukur. Jadilah manusia yang terbaik menurut versinya masing-masing. Bukankah semua orang itu sama, yang membedakan hanya terletak pada ketakwaan kepada Tuhan-Nya.

Untuk itu perlu adanya mawas dan kesadaran diri bahwasannya good looking tidak menjadikan semuanya istimewa dan sempurna, namun hal itu harus diimbangi dengan good attitude agar menjadi suatu keseimbangan yang baik. Dalam hal ini juga diperlukan rasa bersyukur atas apa yang kita miliki.

Penulis : Vikar