"Mau Dibawa Kemana Sampah Kita?"

 Aksi yang dilaksanakan oleh sekumpulan mahasiswa IBN Tegal dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2020. Aksi dilaksanakan pada hari Kamis 26 Februari 2020 di kawasan pekarangan samping gedung syariahbekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup . Yang melatar belakangi kegiatan ini adalah karena masih banyaknya sampah yang dibuang sembarangan dan tidak ada penangan lanjutan untuk sampah-sampah yang menumpuk, juga didasari untuk menanggapi isu yang beredar bahwa sampah akan digunakan untuk pengurukan lahan pembangunan.

Acara dimulai dengan memberi instruksi kepada seluruh mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Setelahnya relawan mahasiswa langsung diarahkan ke lokasi untuk memunguti sampah.

Tetapi dari rangkaian acara ini banyak pihak yang merasa kecewa atas ketidaksesuaian rundown acara. Seperti dari pihak teater cebong yang diintruksikan untuk menampilkan teaterikal tetapi  mereka tidak diberikan waktu untuk tampil.

Namun berjalannya aksi tidak sesuai harapan, bahwa tidak semua sivitas akademika turun ke lapangan untuk melakukan kegiatan tersebut, hanya mahasiswa saja yang ke TKP untuk memunguti sampah-sampah yang berserakan, akan tetapi beberapa dosen rela mengizinkan mahasiswanya untuk meninggalkan kelas guna mengikuti kegiatan tersebut, sebagai bentuk kepedulian mereka. Bahkan beberapa tulisan bentuk kritik yang tertempel di tiap sudut kampus dicabut oleh beberapa dosen dengan semena-mena.

Dari Wakil Rektor III beliau menanggapi, "Kami sangat mendukung gerakan ini dan ini memang harus dilakukan. Mudah-mudahan acara ini terus berlanjut, hanya saja teman-teman perlu tambahan alat untuk mengeruk sampah. Sebelumnya dari kampus tidak tahu harus dikemanakan sampah ini, tetapi setelah acara ini kami akan mencarikan solusi bagaimana untuk membuang sampah ini sesuai dengan yang ada di kabupaten Tegal. Untuk langkah selanjutnya supaya rutin dilaksanakan dan dari kampus harus bisa memfasilitasi agar sampah ini terkondisikan dengan baik. Kalau bisa ada TPS dan kampus mengusahakan ada truk untuk mengangkut sampah. Karena ini belum terprogram kami dari birokrasi akan membicarakan masalah ini lagi dan insyaallah dalam jangka waktu 2 Minggu akan ada tindak lanjutnya."

Dari perwakilan mahasiswa Pak Ilyas beranggapan "Gerakan ini sangat optimis, saya mengikuti acara ini karena saya merasa prihatin dengan kampus ini dan harapannya semoga kedepan lebih banyak mahasiswa yang ikut berpartisipasi."

"Acara ini juga dilaksanakan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional dan kami menamakan acara ini dengan Aksi IBN Peduli Sampah. Kami mengadakan acara ini atas rasa kepedulian untuk kampus. Dari lembaga sangat mendukung acara ini setelah kami memaparkan alasan kenapa kami ingin mengadakan aksi ini." Tutur Zaki selaku korlap.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Harapannya kedepan ini sebagai awal untuk peningkatan kualitas pengelolaan sampah di IBN lebih baik lagi. Kami mengadakan program contohnya bank sampah di setiap desa, jadi tidak sekadar ambil, angkut lalu buang, tatapi juga dikelola. Mungkin pihak DLH dan kampus bisa membuat kerjasama untuk mengangkut sampah minimal seminggu sekali. Kami berharap mahasiswa tetap semangat, giat, dan peduli terhadap sampah, jika tidak di kampus paling tidak dirumah kita sendiri." Tanggapan dari Dinas Lingkungan Hidup.

Penulis: Asbiq Bunga Reporter: Azam, Bagus, Agus