Aksi damai yang dilakukan oleh PMII senin 9 Desember 2019 di depan Kantor Pemda Kabupaten Tegal, bertujuan untuk mengingatkan pemerintah eksekutif dan legislatif Kabupaten Tegal sebagai wujud kritik mahasiswa demi keberlangsungan kepemimpinan yang amanah/

Aksi ini diwarnai orasi dari seluruh jajaran kepengurusan PMII Tegal serta teaterikal dari lakon Teater Cebong IBN Tegal sebagai bentuk kritik kesenjangan sosial akibat korupsi yang terjadi di Indonesia.

Ketua umum PMII Aji Fadhil H. mengatakan "Tujuan aksi kita ini adalah untuk memperingati hari anti korupsi yang kemudian untuk mengingatkan pemerintah legislatif dan eksekutif untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi, kolusi, dan nepotisme. Kita berharap bahwa eksekutif dan legislatif dapat menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pejabat pemerintah agar terhindar dari tindak pidana korupsi".

Aksi tersebut direspon ketua DPRD Kabupaten Tegal dan menyampaikan "Yang pertama terimakasih kepada kawan-kawan PMII yang telah berupaya mengingatkan kepada kami jajaran kepemerintahan baik legislatif maupun eksekutif untuk selalu berbuat benar dan dapat menjalankan amanah dengan baik, oleh karena itu saya sangat terbuka ketika teman-teman mengingatkan, mungkin tidak harus dengan ceremony seperti ini terus tapi bisa melalui kegiatan apa, minimal mengingatkan kami melalui WA atau media lainnya. Yang kedua ,saya mendukung bahwa kepemerintahan ini harus berjalan dengan baik dan bersih untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Tegal, karena tanpa adanya pemerintahan yang baik dan pelayanan yang baik percayalah bahwa kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tegal akan sulit terwujud. Yang ketiga, saya jujur mengatakan memang kepemerintahan Kabupaten Tegal belum sesuai yang kita inginkan, artinya kita masih dalam proses perbaikan sana-sini tetapi insyaallah perbaikan yang kita lakukan dan kerjakan menuju ke arah yang lebih baik, mudah-mudahan dengan dukungan panjenengan semua, dengan selalu diingatkan panjenengan semua kami bisa menjadi pejabat yang amanah".

Korlap aksi, Reza Nurbiantoro menyayangkan ketidak hadiran Bu Umi Azizah selaku Bupati Tegal karena harus memenuhi acara luar kota dan menyampaikan akan menindak lanjuti aksi ini. tuturnya, "Tindak lanjutnya, ini kan sudah ada pakta integritas, kita tunggu ketika sudah menandatangani pakta integritas ini namun pada kenyataannya masih terjadi korupsi, kami dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) akan kembali turun ke jalan untuk menuntut aspirasi yang kami tuntut di hari anti korupsi ini".

Reporter: Puji, Iqbal

Penulis: Bunga Rosfadhilah