Hati-hati, yuk perhatikan lagi antara self reward dan pemborosan

Pict : Roome.id


Seiring perkembangan zaman, banyak sekali ungkapan-ungkapan bermunculan. Seperti halnya self reward, self healing, self love, dan lain-lain. Mungkin ditulisan kali ini akan sedikit mengurai tentang self reward dan relasinya dengan pemborosan.

Apakah self reward itu?

Pengertian reward sendiri adalah bentuk apresiasi kepada suatu prestasi tertentu yang diberikan, baik oleh dan dari perorangan maupun suatu lembaga yang biasanya diberikan dalam bentuk material atau ucapan. Reward di sini memiliki makna yang luas. Self reward diartikan sebagai penghargaan diri atas segala apa yang dilakukan, baik sebuah pekerjaan, study, percintaan, dll. Penghargaan tersebut diberikan diri sendiri dan untuk dirinya sendiri pula.

Akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan postingan ataupun cuitan mengenai self reward. Biasanya banyak ditemukan seseorang yang telah berhasil melalui hari-hari beratnya, lalu ia mengapresiasi dirinya dengan memberikan ucapan selamat, atau pergi mengajaknya untuk hangout, berbelanja, menonton film di bioskop, berwisata kuliner, dll. Semua itu ia lakukan dengan berkedok pada “self reward”.

Bagaimana cara melakukan self reward yang baik?

Self Reward bisa dilakukan dengan beberapa cara. Tentunya masih dalam kadar yang seimbang dan tidak melampaui batas.

1.    Me Time atau Quality Time Bersama Teman Maupun Kekasih

Memberikan waktu untuk diri sendiri merupakan hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan memanjakan badan, memberikan asupan yang disukai diri, mengajaknya pergi ke suatu tempat, atau sekedar menghabiskan waktu untuk beristirahat. Selain Me time, kita juga bisa Quality time dengan teman maupun kekasih. Dalam waktu itu, kita bisa menghabiskannya dengan banyak cerita, obrolan, dan canda gurau yang tentunya dapat memberikan energi positif untuk penghargaan diri.

2.    Menonton Film

Treatment menonton film dapat dijadikan sebagai self reward dengan hemat dan praktis. Saat menonton film kita dapat merasakan ketenangan dan kegembiraan tersendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan pergi ke bioskop ataupun membuat suasana sendiri di dalam rumah.

3.    Melakukan Hobi

Mungkin atas hari-hari yang berat atau kegiatan yang padat, kita akhirnya mengabaikan sebuah hobi. Nah, saat kita ingin memberikan penghargaan maka kita dapat menyentuh dan menyapa kembali hobi tersebut. Misalnya saja hobi menulis, kita dapat memberikan waktu untuk membuat tulisan.

4.    Makan Enak dan Berbelanja Kebutuhan

Akibat hari-hari yang banyak terlewati, mungkin kita kurang menikmati santapan yang dapat memanjakan lidah, serta karena kegiatan yang sangat padat, akhirnya kita tidak bepergian untuk membeli kebutuhan. Maka sempatkanlah waktumu untuk pergi ke suatu tempat makan dapat menjadi penghargaan untuk diri kita. Sedangkan saat kita berbelanja kebutuhan, kita mendapat energi positif dan kebahagiaan. Namun perlu diingat, semua itu dilakukan tidak dalam kondisi yang berlebihan.

Beberapa waktu yang lalu, muncul sebuah komentar dari netizen disalah satu postingan tik-tok. “Pemborosan Berkedok Self Reward”. Tentunya, hal ini sangat berkesinambungan. Beberapa cara yang dilakukan untuk self reward tentu membutuhkan budget. Apabila seseorang itu tidak mengatur antara budget dan bentuk penghargaannya, maka yang dapat terjadi adalah pemborosan. Ada beberapa cara untuk menghindari pemborosan dalam penerapan self reward, seperti halnya berikut :

1.    Membatasi Diri

Memang memberikan Self Rewad merupakan hal yang penting. Namun, jauh lebih penting ketika kita mampu memberikan batasan diri. Kita perlu memberi target atau jatah untuk memberi penghargaan kepada kita. Misalnya saja, sekian rupiah untuk membeli barang apa yang kita suka, atau untuk membeli makanan yang enak. Tentunya tidak lebih besar pasak daripada tiang.

 

2.    Relevansi

Bentuk penghargaan yang kita berikan diharapkan tidak bertolak belakang pada tujuan utama kita. Sebagai contoh, tujuanmu adalah dapat menabung dan berhemat sehingga gaji yang dihasilkan tak habis begitu saja. Jika memang begitu, maka jangan beri hadiah dengan barang mahal yang bisa menguras kantong. Hadiah seperti ini tidak relevan dengan tujuan finansialmu.

 

3.    Memberikan Hadiah yang dapat Memotivasi Diri

Perlu diingat akan makna self reward untuk memberikan semangat kembali kepada diri. Maka alangkah baiknya memberi hadiah yang dapat memberikan banyak manfaat. Pikirkan baik-baik bentuk penghargaan apa yang dapat membangun semangat untuk kita.

 

4.    Mudah Diperoleh

Memberikan penghargaan dengan cara yang mudah diperoleh. Apabila ada suatu keinginan untuk membelikan sesuatu, maka carilah sesuatu itu dengan mudah. Semakin cepat didapatkan dan diberikan, maka semakin cepat juga energi positif dari self reward itu tersalurkan.

 

Persoalan self reward dan pemborosan dapat kita atasi. Tergantung pada diri kita masing-masing bagaimana cara melakukan self reward tersebut. Dengan pengelolaan yang baik, maka kita dapat memberikan self reward yang baik pula. Kita tidak perlu mewah dan arogan dalam memberikan reward kepada diri sendiri, namun hal-hal kecil berupa kebahagiaan juga dapat memberikan dorongan positif bagi keseharian kita.


Penulis : Faa